GALERI MADRASATUL QURAN |

Setelah empat hari kedatangan santri baru, kini para panitia mengajak para santri baru untuk melaksanakan kegiatan Ta’aruf Santri Baru atau biasa disebut dengan TASABA. Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari tepatnya pada tanggal 17-21 Juli 2022. Dalam kegiatan TASABA kali ini para santri baru diajak untuk mengetahui seputar lingkungan di PP. Madrasatul Qur an. Selama proses TASABA ada beberapa materi yang disampaikan oleh panitia, antara lain:

  1. Materi Kepengurusan Pondok
  2. Materi Ketahfidhan
  3. Materi Kebersihan
  4. Materi Sekolah
  5. Materi Pengembangan Bakat dan Minat
  6. Materi Ubudiyyah

Hal-hal yang disampaikan dalam penyampaian materi pertama yakni materi kepengurusan pondok meliputi kepengurusan apa saja yang ada di PP. Madrasatul Qur an. Materi ini juga disampaikan oleh pihak pengurus MTT untuk menyampaikan betapa pentingnya beroganisasi di lingkungan pondok pesantren agar nantinya tidak kaget ketika terjun di masyarakat.

Materi kedua adalah materi Ketahfidhan yang langsung disampaikan oleh Ust. Jalaluddin Hayat selaku ketua Unit Tahfidh. Beliau memperkenalkan beberapa program ketahfidhan dari program Binnadhor, Tahfidh, hingga Qiro’ah Sab’ah. Selain itu, beliau juga menjelaskan proses untuk melanjutkan program Binnadhor ke program Tahfidh dan beberap kegiatan yang wajib diikuti dalam program Tahfidh dan Qiro’ah Sab’ah serta persyaratan untuk bisa mengikuti wisuda tahfidh.

penyampaian materi

Materi selanjutnya ialah tentang kebersihan. Bapak Hasan Amrulloh selaku alumni PP. Madrasatul Qur an kini berkesempatan menjadi pemateri dalam materi Kebersihan. Beliau menegaskan betapa pentingnya menjaga kebersihan mulai dari kebersihan diri dan tempat. Materi ini memang tidak asing lagi bagi kita dan sudah banyak di lembaga-lembaga yang menyampaikan betapa pentingnya menjaga kebersihan bagi umat manusia. Harapan disampaikan materi ini, semoga memberikan dampak baik dan menjadi bekal yang bermanfaat.

Materi keempat adalah materi sekolah, materi ini langsung disampaikan oleh Unit Pendidikan Yayasan PP. Madrasatul Qur an meliputi Madrasah Tsanawiyah MQ, SMP Al – Furqon MQ, dan Madrasah Aliyah MQ. Pihak sekolah membahas tentang struktur dan program sekolah seperti Kepala Sekolah, WaKa Kurikulum, Waka Kesiswaan, dan WaKa Sarana prasarana. Selain itu, juga ada kakak-kakak OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang menjelaskan struktur dan program kerja yang ada di masing-masing sekolah.

Materi yang kelima adalah materi Pengembangan Bakat dan Minat atau disebut juga dengan PBM. PBM sendiri masih didalam naungan pengurus Majlis Tarbiyah wat Ta’lim. Dalam PBM terdapat beberapa cabang peminatan, antara lain Qori’, kaligrafi, pidato, baca kitab kuning, banjari, dan jurnalistik. Tujuan disampaikan materi PBM guna memunculkan minat dan mengasah bakat maupun kreativitas para santri.

kegiatan renungan malam

Materi yang terakhir adalah materi Ubudiyyah yang disampaikan oleh KH. Fauzan Kamal. Beliau menjelaskan dasar-dasar agama, seperti tata cara wudhu, sholat, tata krama ketika mengaji, dan adab kepada guru maupun teman. Usai penyampaian materi Ubudiyyah, KH. Fauzan Kamal menutup dengan doa dan renungan malam agar para santri selalu ingat niat dan tujuan awal mereka berangkat ke pondok pesantren adalah untuk menimba ilmu dan menghafal Al-Qur’an. Disamping dari penyampaian materi-materi diatas, ada beberapa kegiatan lain, seperti penampilan karya PBM, pentas seni, dan ziaroh maqbaroh Tebuireng dan Madrasatul Qur an.

ziaroh maqbaroh Madrasatul Qur an

Telah usai pemberian materi dan berakhirlah kegiatan Ta’aruf Santri Baru PP. Madrasatul Qur an. Acara terakhir setelah penutupan adalah pentas seni, dimana para santri dibagi menjadi 20 kelompok dan masing – masing kelompok harus menampilkan bakat dan kreativitas yang dimiliki. Keesokan harinya para santri diajak untuk ziaroh ke maqbaroh Tebuireng dan Madrasatul Qur an. Ba’da jamaah sholat dhuhur para santri berangkat menuju maqbaroh Tebuireng dan sore harinya setelah jamaah sholat ashar ke maqbaroh Madrasatul Qur an dan berakhirlah kegiatan pengenalan lingkungan pondok untuk para santri baru PP. Madrasatul Qur an. Semoga para santri baru betah dan semangat untuk menuntut ilmu di PP. Madrasatul Qur an meskipun jauh dari rumah dan orang tua.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: