GALERI MADRASATUL QURAN |

Tahukah kalian kenapa dan siapa penemu jam pertama didunia? Siapa sangka, ternyata jam ditemukan pertama kali oleh seorang tukang kunci berasal dari Jerman. Ribuan tahun yang lalu, manusia mengukur waktu dengan berbagai cara dengan memanfaatkan matahari, air, pasir dan lain-lain sebagai berikut:

  1. Jam Matahari

Jam matahari pertama ditemukan di Mesir pada tahun 3500 SM. Jam ini terdiri dari 2 bagian, yaitu sebuah papan besar bertuliskan angka-angka dan sebuah papan segitiga atau gnomon yang berdiri tegak lurus. Disebut jam matahari karena jam ini memanfaatkan bayangan gnomon yang mengenai papan besar. Cara kerja jam matahari adalah ketika matahari berada pada titik tertinggi, bayangan yang terbentuk adalah yang terpendek. Sementara di sore hari, bayangan yang terbentuk adalah yang terpanjang.

2. Jam Air

Jam air pertama ditemukan di Mesir pada tahun 1400 SM yang dinamakan clepsydra. Jam ini berupa bejana yang terdapat lubang pada bagian bawahnya dan terdapat tanda pada dinding bejana yang digunakan sebagai ukuran waktu. Cara kerja jam air adalah ketika bejana diisi air, air akan menetes keluar melalui lubang, sehingga ketinggian air dalam bejana menurun. Waktu satu jam ditunjukkan dengan perubahan ketinggian air dari penunjuk satu ke penunjuk berikutnya. Pada perkembangannya, jam air ini dapat menimbulkan suara pada setiap jam nya yang diciptakan oleh Al-Jaziri.

3. Jam Pasir

Jam pasir atau hourglass ditemukan oleh Ctesibus dari Alexadria sekitar pertengahan abad ke-3. Jam ini berbentuk dua tabung kaca yang menyempit pada bagian tengahnya dan berisi pasir. Umumnya, pasir tersebut akan mengalir dari tabung atas ke tabung bawah dalam kisaran waktu 1 jam.

4. Jam Astrolabe

Jam astrolabe merupakan jam berukuran besar dan berpatokan pada astronomi. Selain digunakan sebagai pengukur waktu, jam ini juga digunakan sebagai kalender tahunan serta untuk memprediksi letak matahari, bintang, dan planet. Dalam perkembangan jam astrolabe, jam ini juga digunakan untuk berbagai keperluan seperti menentukan waktu sholat dan awal bulan Ramadhan.

5. Jam Atom

Jam atom adalah jam yang menggunakan standar frekuensi resonansi atom dalam penghitungnya. Jam ini memiliki tingkat keakuratan paling tinggi. Dalam sejarah, perhitungannya hanya meleset 4 detik semenjak kurang lebih 13,7 miliar tahun lalu. Umumnya jam ini digunakan untuk mengatur sistem satelit dan zona waktu internasional.

6. Jam Analog dan Jam Digital

Jam analog dan Jam digital adalah jam yang digunakan hingga saat ini. Jam analog bergerak secara manual dengan menggunakan tiga jarum yang berputar dan mengarah pada angka-angka yang terletak pada sekeliling jarum. Selain itu, jam ini juga menunjukkan menit dan detik. Sedangkan jam digital menggunakan sistem tekhnologi elektronik. Jam digital dibuat pertama kali pada tahun 1950 oleh sebuah perusahaan Amerika bernama The Hamilton Watch Co of Lancaster, Pennsylvania. Jam ini memiliki tingkat ketelitian lebih tinggi daripada jam analog, yaitu hingga milidetik. Tampilan utama pada jam digital menggunakan LCD yang menampilkan waktu. Selain itu, jam ini juga menampilkan stopwatch, lampu, dan tanggal. Setelah itu, perkembangan jam mengarah ke bentuk yang lebih mudah dibawa, seperti jam saku dan jam tangan, serta pada fungsinya seperti jam weker.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: