GALERI MADRASATUL QURAN |

Kurang beberapa bulan lagi wisuda hafidh dan binnadhar PP. Madrasatul Qur an akan digelar. Sebagai syarat untuk mengikuti wisuda hafidh, para santri program tahfidh diharuskan untuk melakukan tasmi’ 30 juz agar dapat mengikuti wisuda. Sedangkan santri program binnadhar yang ingin mengikuti wisuda tahun ini diharuskan untuk mengikuti ujian  maqbul terlebih dahulu sebagai persyaratan wisuda. Ujian maqbul yang dibuka oleh Unit Tahfidh ini biasa dilaksanakan setiap 2 bulan sekali dan setiap tahunnya kurang lebih menggelar 4 kali ujian maqbul untuk para santri program binnadhar.

Prosesi ujian Maqbul Mandiri di GOR Madrasatul Qur an

Semakin meningkatnya keinginan para santri program binnadhar untuk segera ke program tahfidh, Unit Tahfidh PP. Madrasatul Qur an mengadakan tambahan ujian maqbul yang disebut dengan Maqbul Mandiri. Ujian Maqbul ini sudah bukan pertama kali digelar. Ujian Maqbul Mandiri yang pertama dilaksanakan pada tanggal 5-6 Juli 2022 lalu dan sekarang untuk yang kedua kalinya unit tahfidh membuka lagi pelaksanaan ujian maqbul mandiri tepatnya pada tanggal 18-19 September 2022. Maqbul mandiri kali ini bertempat di GOR Madrasatul Qur an  dan dilaksanakan ba’da jamaah salat maghrib. Para peserta maqbul dibagi menjadi 5 majlis dan disetiap majlisnya terdapat 16 peserta.

Santri diuji bacaannya oleh Ust. Sayfi’i Wardi sebagai penguji.

Persyaratan untuk maqbul mandiri ini tidak jauh beda dengan maqbul pada umumnya yakni khatam binnadhar 30 juz dan hafal 3 juz belakang serta 3 surat penting. Materi yang diujikan pun sama antara lain, uji kualitas bacaan secara binnadhar yang dinilai dari segi fashohah dan tajwid serta uji hafalan 3 juz belakang. Namun, ujian Maqbul Mandiri ini digelar ketika sudah banyak santri yang mendaftar ujian maqbul.

Maqbul sebelumnya yang dinilai kurang efisien karena jarak antara pelaksanaan maqbul satu dan lainnya terbilang cukup lama, menjadi alasan pihak Unit Tahfidh mengadakan Maqbul Mandiri, dengan tujuan agar para santri yang sudah memenuhi persyaratan maqbul bisa langsung mengikuti Ujian Maqbul dan masuk ke program Tahfidh lebih cepat.

Semoga dengan diadakan Maqbul Mandiri dapat meningkatkan semangat para santri untuk menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya dan tidak hanya menghafal secara lafadhnya saja, tetapi juga memahami makna serta mengamalkannya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: