GALERI MADRASATUL QURAN |

Sering kali kita mendengar orang menganggap sholat hanya sebagai formalitas, padahal sholat merupakan tiang agama yang merupakan salah satu rukun islam yang lima. Sholat adalah aktivitas ibadah yang terdiri dari perbuatan, perkataan, sikap dan gerak gerik khusus yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Sholat sendiri ada karena sebuah kejadian di mana Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit untuk bertemu dengan sang pencipta, kejadian tersebut ialah Isra’ Mi’raj  yang menghasilkan lima sholat wajib. Melalui lima sholat wajib tersebut Allah SWT menghubungkan jasmani dan rohani setiap muslim dengan-Nya.

Dikutip dari perkataan Ibnu Arabiy, sholat bukan hanya sebuah formalitas, tetapi sholat merupakan aktivitas peribadatan hidup dan bekal nanti di akhirat. Sholat ini benar-benar proses kerahmatan yang mampu melepaskan seseorang dari kegelapan menuju jalan ketuhanan. Sholat merupakan ibadah yang pertama kali di hisab, jika sholatnya baik, maka ibadah yang lain akan baik pula, jika sholatnya rusak maka ibadah yang lain juga akan rusak.

Sholat yang baik dan benar akan menumbuhkan kesadaran seseorang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Orang yang rajin sholat akan dapat mewujudkan cintanya kepada makhluk Allah yang lain. jika kita tidak bisa sholat dengan baik, maka kita termasuk orang yang lalai dan merugi dalam sholatnya. Sholat juga akan mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Jadi masih anggap sholat sebagai formalitas?

Sumber Khutbah Jum’at oleh: Ust. Taufiq Mahfudz


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: